Tokopedia .. marketplace
Di tulisan saya kali ini saya mau mengulas tentang betapa Tokopedia itu gak mau rugi dan sangat menguntungkan dan mengutamakan kepuasan pembeli bahkan tidak perduli atau memikirkan nasib penjualnya sekalipun.
Saya ini aktif sebagai penjual dan juga pembeli di Tokopedia. Dalam hal ini ane mau sharing pengalaman saja sebagai penjual di Tokopedia.
Ane sarankan sebagai pembeli mohon apa-apa jangan langsung komplain, karena misalkan barang tidak sampai, uang pihak penjual akan ditahan oleh Tokopedia sampai barang datang ke pihak pembeli lho .. atau jika pun ada komplain sekalipun, pihak Tokopedia akan meng-hold saldo pihak penjual agar tidak bisa dicairkan atau digunakan sekalipun buat transaksi.
Kembali lagi, pengalaman ane sebagai penjual. Ane jujur untung ga seberapa banget, ibarat lumayan buat uang jajan anak sehari-hari bantu pendapatan suami lah.
Ada pembeli memilih menggunakan JNE untuk ekspedisi pengirimannya, cuma ane dah mengunjungi 2x JNE terdekat ga ada yang buka, daripada bolak balik habis waktu, bensin ,alah kagak jadi untung hehe ane pakai Wahana yang kebetulan lebih dekat dari tempat tinggal ane. Lalu ane masukkan no resi di sistem Tokopedia. Ongkir tercatat di sistem Tokopedia adalah 18rb (2kg).
Lalu ane kirim melalui Wahana kan, kena ongkir 16rb. Berarti ya sisa 2rb an lah ...
Ehhh .. begitu uang masuk sistem Tokopedia main potong saldo cash ane sebagai penjual 10rb, karena sistem Tokopedia mencatat ongkir terbaru adalah 8rb, padahal terang-terangan ongkirnya adalah 16rb. Anehnya ane kirim barang yang sama, jumlah yang sama, cara packing yang sama, ongkir yang ane dapat dari pihak ekspedisi kadang berubah-ubah bisa lebih mahal bisa lebih murah, ane juga bingung. Padahal petugas JNE/ Wahana nya sama.
Waktu ini Tokopedia main potong saldo ane sebagai penjual 25rb, ga tau gimana sistem Tokopedia bekerja. Ane coba bicara baik-baik dengan pihak pembeli, ane malah dicuek in hehe .. ya sudahlah ga jadi untung malah buntung .. ane paling untung gih 10rb dipotong 25rb ya nyesek hehe
Padahal benar-benar ongkir nya malah lebih dari 25rb. Ane lampirkan buktinya di bawah ini, sayang ane cari-cari bukti resi di hp ane udah ga ada alias ke hapus, jadi maaf ga bisa melampirkan resi.
Waktu ini Tokopedia main potong saldo ane sebagai penjual 25rb, ga tau gimana sistem Tokopedia bekerja. Ane coba bicara baik-baik dengan pihak pembeli, ane malah dicuek in hehe .. ya sudahlah ga jadi untung malah buntung .. ane paling untung gih 10rb dipotong 25rb ya nyesek hehe
Padahal benar-benar ongkir nya malah lebih dari 25rb. Ane lampirkan buktinya di bawah ini, sayang ane cari-cari bukti resi di hp ane udah ga ada alias ke hapus, jadi maaf ga bisa melampirkan resi.
Ini bukti Tokopedia memotong saldo ane, dan ini terjadi ga sekali ini saja, ane mau untung jadi buntung hahahaha .. nasibbbbb
![]() |
Tokopedia main mengambil saldo cash |
Maka saya sarankan sebagai pembeli di Tokopedia, tolonglah sebelum komplain berpikir dan bersabar dahulu, karena Tokopedia itu lebih sangat mengutamakan pembeli dibanding penjual. Ane pernah komplain masalah ini pihak Tokopedia ga mau tahu, mereka hanya beralasan semua sudah mengikuti sistem prosedur. Padahal kalin juga tau, jika sistem ekspedisi di Indonesia ga semua handal dan akurat seperti di luar negeri. Dan asal pembeli tau Tokopedia hanya menggunakan sistem berat bukan volume dan sering pengiriman kenyataan di ekspedisi menggunakan ukuran volume jika barang dan bentuk besar.
Makanya terkadang ada transaksi yang dibatalkan pihak penjual karena masalah ongkir, dan pihak pembeli tidak mau menambah biaya/ ongkos kirim misal lewat transfer malah dikira si penjual mau nipu. Padahal jujur ane sebagai penjual sebisa mungkin ga main-main atau nipu sekalipun karena klo ane nipu Tokopedia akan memblokir akun ane, secara ane jualan ngumpul-in dari zero bintang alhamdullilah dah dapat 4 bintang (stars). Ane bersyukur .. dan ane sebisa mungkin membuat pembeli happy dan selalu jujur dengan pembeli walau ada satu dua orang pembeli yang suka komplain.
Tapi ane rasa pembeli yang suka komplain, mereka belum pernah merasakan gimana rugi jadi penjual dan gimana nasib sebagai penjual haha.
Jadi tolong wahai pembeli dan penjual di luar sama, mari kita menghargai jerih payah sesama. Sebagai pembeli pun jadilah pembeli yang cerdas, jangan main komplain, baca dengan TELITI deskripsi produk sebelum dibeli biar clear dan sama-sama puas.
Sekian tulisan saya, semoga membantu. Jadi wahai pembeli-pembeli di Tokopedia, mohon kalian paham bahwa Tokopedia sangat amat mengutamakan pembeli karena tanpa pembeli Tokopedia ga akan lancar.
Mohon pihak Tokopedia memperbaiki sistem sedikit agar ane sebagai penjual juga ga rugi tenaga, biaya dan waktu.
Ini link jualan ane di Tokopedia :
https://www.tokopedia.com/yonik?nref=shphead
https://www.tokopedia.com/yonik?nref=shphead
No comments:
Post a Comment